Monday, July 16, 2018

Open Space RW 09 Badran Jadi Tempat Peresmian Kelurahan Tangguh Bencana (Katana)

Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta dikukuhkan menjadi Kelurahan Tangguh Bencana (KATANA) dalam acara peresmian yang dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Mewakili Gubernur DIY), Wakil Wali Kota, serta Kepala Pelaksana BPBD D.I. Yogyakarta.  Acara berlangsung dengan meriah dan disambut penuh antusias oleh warga Kelurahan Bumijo. Acara peresmian yang bertempat di Open Space RW 09 Kampung Badran, Kelurahan Bumijo, Kota Yogyakarta tersebut sekaligus meresmikan 10 KATANA lain yang telah terbentuk di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu Kelurahan Pringgokusuman, Mantrijeron, Giwangan, Bausasran, Pakuncen, Bumijo, Sosromenduran, Suryodiningratan, Brontokusuman dan Warungboto.
            Dalam arahannya, Kepala Pelaksana BPBD D.I.Yogyakarta, Drs. Biwara Yuswantana, M.Si menyampaikan bahwa ketika terjadi bencana, yang merasakan dampak langsung adalah warga masyarakat, namun sekaligus masyarakat juga menjadi pelaku utama dalam pengurangan resiko bencana. Oleh karena itu, masyarakat perlu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, sesuai dengan salah satu tujuan pembentukan KATANA, yaitu untuk mengurangi resiko bencana.
Tujuan utama dari pembentukan KATANA adalah mewujudkan masyarakat kota atau desa di wilayah D.I. Yogyakarta  menjadi masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana, dengan menjalin sinergi yang kuat dengan berbagai pihak agar secara bersama-sama sesuai dengan  potensi, kompetensi, dan kapasitas masing-masing untuk dapat mengurangi resiko bencana di daerah dengan mengetahui ancaman bencana di lokasi setempat.
            Sedangkan Wakil Wali Kota D.I. Yogyakarta, Drs. Heroe Purwadi, M.A berpesan dan berharap agar dengan adanya KATANA, semua unsur dapat siap dan sigap jika nantinya masyarakat menemui masalah kedaruratan. Peresmian dilakukan secara simbolis dengan membuka tirai papan KATANA Kelurahan Bumijo. Acara kemudian ditutup dengan simulasi penanganan bencana banjir dan kebakaran, serta pentas seni.



Video Launching Katana di Open Space RW 09


No comments:

Post a Comment

Perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia

Kemeriahan perayaan HUT ke-73 RI  terasa semarak di wilayah RW 09, Badran. Tradisi perayaan HUT RI melalui berbagai perlombaan mulai dilaks...